Mesran

Hanya ingin berbagi kebaikan dan mendapatkan kebaikan yang lain.

UISU Menyelenggarakan Workshop Scientific Writing Dengan Publikasi Jurnal Terindex Scopus

Fakultas Teknik Universitas Islam Sumatera Utara (UISI) gelar Workshop On General Engineering and Computer Science yang dilaksanakan di Gedung Serbaguna Yayasan UISU di Jalan Sisingamangaraja, Sabtu (5/5/2018).

Dekan Fakultas Teknik Ir Abdul Haris Nasution MT, mengatakan bahwa kegiatan workshop tersebut bertujuan agar dosen siap melakukan publikasi di jurnal internasional.

“Apalagi karya tulis adalah kebutuhan bagi dosen dan kewajiban terutama dosen yang sudah Lektor Kepala (LK),” ungkapnya.

Pembantu Rektor 1, Dr Liesna Andriany MPd menyampaikan sangat mendukung kegiatan workshop ini dilaksanakan untuk meningkatkan kompetensi dosen.

“Publikasi ilmiah dalam jurnal bereputasi sudah menjadi kewajiban dan tuntutan dari pemerintah yang harus dipenuhi oleh setiap Dosen,” ucap Liesna.

Hal ini sebenarnya sudah sejalan dengan tridharma perguruan tinggi, khususnya unsur penelitian. Kewajiban penelitian dan publikasi ilmiah sudah jadi bagian dari setiap proses kenaikan jabatan fungsional.

“Mau tidak mau dosen harus menulis sesuai tuntutan Permenristekdikti No. 20 Tahun 2017 dimana dosen wajib mempublikasikan karya Ilmiahnya dalam jurnal internasional bereputasi,” kata Liesna sekaligus membuka workshop.

Hadir sebagai narasumber pada workshop ini Dr Janner Simarmata membahas tentang Penulisan Artikel dan Jurnal Internasional, Oris Krianto Sulaiman MKom membahas Sitasi dengan Mendeley dan narasumber terakhir Robbi Rahim MKom membahas Plagiarism dan Similarity dengan Moderator Dodi Siregar MKom.

“Janner juga meminta kepada peserta terutama kepada dosen baru, pilihlah komunitas yang benar. Komunitas akademik akan menjadi acuan agar kita terhindar dari penipuan-penipuan berkedok jurnal dan konferensi,” kata pendiri Ko2pi.org ini.

Menurut Dosen Universitas Negeri Medan ini, salah satu upaya untuk meningkatkan daya saing perguruan tinggi adalah melalui peningkatan kualitas publikasi.

Selanjutnya, Oris Krianto Sulaiman mengatakan Mendeley adalah aplikasi yang digunakan dalam pembuatan sitasi. Sitasi ini biasanya penting ketika kita akan menulis artikel ilmiah.

“Dengan Mendeley pengguna akan lebih dimudahkan dalam sitasi dan lebih akurat,” pungkas Oris.

Pemateri terakhir Robbi Rahim menyampaikan agar artikel yang akan kita kirimkan ke publisher harus memperhatikan template dari penerbit.

Peserta dari kegiatan ini adalah Dosen dari berbagai kampus di kota Medan sebanyak 35 orang dan workshop ini bagian dari serangkaian kegiatan Pekan Ilmiah Teknik FT UISU 2018 yang akan berakhir pada tanggal 9 Mei nanti.

Abdurrozzaq Hasibuan MT mewakili Panitia menuturkan kegiatan workshop ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan tentang seluk beluk penulisan karya ilmiah khususnya jurnal yang terindeks di Scopus.

“Diharapkan dari pelatihan ini dapat meningkatkan kemampuan menulis Jurnal berskala internasional di kalangan dosen serta dapat meningkatkan jumlah publikasi hasil penelitian para dosen di jurnal internasional bereputasi,” tandasnya. (js/ss-md)

Sumber: http://suarasumut.com

Filed under: Artikel Ilmiah

Terima kasih telah memberikan komentar anda.

Archives Per Tahun

Sponsored

C&C Online Shop

Blog Stats

  • 518,675 sejak 12 Jan 2011

User’s Online


My Music

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 229 other subscribers
May 2018
M T W T F S S
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28293031