Merupakan statement yang digunakan untuk mengubah penunjukkan kursor aktif di suatu media layar tertentu.
layar monitar di ibaratkan :
———–> sumbu X
|
|
|
|
|
Sumbu Y
nah monitor biasanya mengenal dua modus yaitu :
Graphis : layar yang berinteraksi ke pixel (pixcel element), biasanya windows, dll
DOS : Layar yang memiliki 24 Baris (Y) dan 80 colom (X)
nah : jika perintah di PASCAL seperti berikut ini :
GOTOXY (30, 10) ; Write (‘STMIK’) ;
ini bertujuan untuk memindahkan kursor ke posisi kolom 30 dan baris 10, sehingga pada posisi tersebut akan di tempatkan tulisan STMIK.
Manfaat dari pemakaian perintah GOTOXY ini kita mudah untuk melakukan perancangan terhadap layar keluaran, bukan hanya memulai dari kolom ke 1 saja, tetapi bisa di lakukan pada kolom tengah tengah layar.
Dengan menggunakan GOTOXY ini anda hanya cukup menuliskan perintah Write, tidak perlu WRITELN.
Contohnya :
Gotoxy(30,10) ; write('MENENTUKAN GAJI PEGAWAI '); Gotoxy(30,11) ; write('========================='); Gotoxy(30,12) ; write ('Nama Pegawai : ' ); Gotoxy(30,13) ; write ('status [1] TETAP / [2] HONOR : ' ); Gotoxy(30,14) ; write ('Golongan [1/2/3] : ' ); Gotoxy(30,15) ; write ('========================='); Gotoxy(55,12) ; Readln (Nama) ; Gotoxy(55,13) ; Readln (Status) Gotoxy(55,14) ; Readln (Gol) ;
Selamat Mencoba !
Filed under: Pemrograman Pascal, Pemrograman Pascal