Mesran

Hanya ingin berbagi kebaikan dan mendapatkan kebaikan yang lain.

Jengkol

suara-tamiang.com

suara-tamiang.com

Jengkol nama lain biasa disebut Jering, merupakan tanaman khas di Asia Tenggara. Tanamannya bermanfaat untuk menyerap air tanah yang tinggi, sehingga sesuai untuk konservasi air disuatu tempat.

Jengkol juga bisa menyebabkan Jengkolan, hal ini disebabkan karna saat dicerna jengkol menyisakan asam jengkolat (jencolid acid) yang dibuang ke ginjal. Nah efek ini yang sering ditakuti oleh orang-orang, yaitu jengkoleun atau jengkolan. Jengkolan terjadi saat asam jengkolat yang memang sulit larut dalam air akhirnya mengendap dalam ginjal, membentuk kristal padat hingga bisa berakibat sulit membuang air seni. Jika pH darah kita netral, asam jengkolat aman-aman saja, tapi jika cenderung asam (pH kurang dari 7) asam jengkolat membentuk kristal tak larut (sumber : http://kreasimasakan.blogspot.com/2011/12/khasiat-dan-manfaat-jengkol-atau-jering.html)

Namun disamping itu jengkol juga memiliki kandungan karbohidrat, protein, vitamin A, vitamin B, Vitamin C, fosfor, kalsium, alkaloid, minyak atsiri, steroid, glikosida, tanin, dan saponin.

Jengkol juga baik untuk kesehatan tulang serta memiliki kandungan protein yang baik.

๐Ÿ˜€ heheheh, nah pembaca mengapa saya tertarik untuk membahas tanaman pangan yang satu ini? Bagi pembaca yang belum pernah makan jengkol ini tentu akan risih yah, karna baunya jengkol ini sangat menyengat hidung baik saat di rebus maupun setelah di makan. Bahkan jika kita tidak hati hati saat buang air kecil (ma’af) baunya bisa menyengat ke seantero ruangan.๐Ÿ˜€ hahahahah.

Nah Air rebusan jengkol juga dipercaya dapat mengusir tikus tikus dari sarangnya.๐Ÿ˜€ hahahah, sangat mungkin yah, manusia aja nggak tahan dengan baunya. Apalagi tikus.๐Ÿ™‚

Jenis jenis masakan yang bisa dihasilkan dari jengkol sejauh ini yang saya suka yaitu : Gulai Jengkol, Rendang Jengkol, Sambal Jengkol bisa sambal merah ataupun sambal ijo. Nah apalagi jengkol nya masih ranum ranumnya (masih muda) wah asik banget tuh di sambal ijo๐Ÿ™‚.

Bagi saya jengkol merupakan makanan yang unik, menggugah selera dan tak bosan bosannya dan dengan memakannya saluran pencernaan saya wahh lancar tenan.๐Ÿ™‚

Mengenai bau mulut? wah saya nggak takut lah, justru itulah indahnya hidup.๐Ÿ˜€ hahahahah. Namun ini bisa dihilangkan dengan makan Vit B Complex (menurut Ketua Yayasan UPI Padang) tapi selama saya makan jengkol saya belum pernah mencobanya.

Saya masih ingat, saat saya sering ke Padang sewaktu kuliah tahun 2007 sebelumnya, nah Gulai Jengkol selalu saya minta๐Ÿ˜€, asik sih.

Sebagian Sumber :

http://id.wikipedia.org/wiki/Jering

http://kreasimasakan.blogspot.com/2011/12/khasiat-dan-manfaat-jengkol-atau-jering.html

Filed under: Kehidupanku, Makananku, ,

2 Responses

  1. Legianto says:

    Hehehe…
    Tidak bisa di nafikkan, meski jengkol di kata bau dan agak gengsi makan di tempat umum, saya yakin hampir semua orang Indonesia suka jengkol! hihi…๐Ÿ˜€

Terima kasih telah memberikan komentar anda.

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Archives Per Tahun

Sponsored

C&C Online Shop

Blog Stats

  • 355,762 sejak 12 Jan 2011

User’s Online


My Music

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 223 other followers

January 2012
M T W T F S S
« Dec   Feb »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031  
%d bloggers like this: