Mesran

Hanya ingin berbagi kebaikan dan mendapatkan kebaikan yang lain.

Kisahku Mengenal Dunia Programming (part 3)

Nah, jika matakuliah PPN mungkin matakuliah ini nggak begitu ribet kayaknya. Hanya mengikuti instruksi saja dari dosen di depan.😀

Untuk matakuliah Pengolahan Data Elektronik, PDE dahulunya, mata kuliah ini sangat menarik sepertinya karna mengulas mengenai teknologi komputer.

Jadi pada pertemuan di lab yang beberapa kali mengenai BASIC membuat saya tertarik, saya pun membeli buku BASIC tersebut yang karangannya JOGIYANTO punya.

Software yang di pakai sewaktu di lab menggunakan BASICA, namun saya di berikan teman software Turbo Basic bahkan ada yang sampai POWER BASIC, wah banyak banget deh variant software ini. Namun yang saya gunakan hanya Turbo Basic saja.

Saya masih ingat saya mendapatkan buku programming MERAMALKAN BINTANG dari bahasa BASIC. Nah jika ada waktu tenggang saya mengetik program dari buku tersebut. Wah lumayan banyak juga, memang program PERAMALAN BINTANG paling marak bagi mereka yang awal masuk kuliah. Nah saya mencoba mengetikkan program yang ada di buku tersebut. Kalau teman lain hanya memakai program jadi saja. Namun saya tertarik untuk mengetik program dari awal.

Lumayan lama juga saya mengetiknya. Dan saya mengambil waktu senggang. Yaitu di rental komputer dekat kampus. Sebelumnya saya belum tahu mengenai praktek bebas di kampus. Namun hampir beberapa bulan kuliah saya mengetahui bahwa ada praktek bebas di setiap hari Minggu. Jadilah saya ke kampus tiap hari Minggu dari Pagi sampai Sore jam 14:00 karna lab tutup jam tersebut.

Yang membuat saya ingat akan pengalaman di praktek bebas ini, yaitu bukan hanya saya saja yang ada di lab mengikuti praktek bebas ini. Lab yang dipakai sebanyak beberapa lab sampai 3 lab ini penuh dengan mahasiswa mahasiswa. Ternyata banyak juga peminatnya walaupun hari Minggu. Dan saya masih ingat harus berebut deh kalau dibilang untuk memakai satu unit komputer, bahkan ada juga yang tidak kebagian.

Saat itu masih menggunakan DOS. Hanya 1 lab saja yang menggunakan Windows. Jadi walaupun komputer dapat belum tentu komputer bisa di pakai kalau Disket DOS tidak ada.

Nah disinilah pengalaman yang sangat berharga bagiku. Saya dan teman teman belajar bagaimana komputer yang dikatakan RUSAK tidak bisa di pakai  oleh orang lain bagi saya dan teman teman berusaha untuk memperbaikinya.

Pertanyaannya apakah komputer itu buka? tentu tidak. Saya sudah belajar DOS, maka kami berpikir bisa saja mereka yang mengatakan RUSAK karna DISK nya yang nggak bisa baca.

Yah, tentu saja saya mengutak atik ROM nya ataupun membuat pembersih DISK yang dikenal DISK CLEAN, wah harga DISK CLEAN saja waktu itu lumayan mahal juga sekitar 10 Ribu. Yah, saya bela belain lah, ngorbanin satu DISK untuk dijadikan DISK CLEAN, dengan mengambil lapisan putih di dalam disk itu, di letakkan di lobang pembacaan DISK ke HEAD DISK, lumayan ok juga sih tips nya. DISK tersebut di masukkan ke DISK B lah waktu itu yang Tiga Seperempat Inchi saya bilang. Masukkan kan, kemudian komputer baca, cabut, dan masukkan kembali. Begitu terus, baru kemudian saya masukkan DOS saya. Dan hampir 90% usaha ini berhasil. wkwkwkw, Mengapa? karna sering mahasiswa DISK nya tersebut kotor kena debu dan di masukkan ke DISK tersebut alhasil HEAD DISK tersebut nggak bisa membaca, sama dengan kaca mata kotor kena debu.

Nah itu jika HEAD DISK kotor, ataupun DOS nggak berfungsi lagi, jadi saya juga menyiapkan DOS cadangan. Bisa sampai 4 DOS. hehehe Persedian DISKET saya lumayan banyak waktu itu, ada sampai 2 Kotak.

Filed under: Kisahku,

Terima kasih telah memberikan komentar anda.

Archives Per Tahun

Sponsored

C&C Online Shop

Blog Stats

  • 355,762 sejak 12 Jan 2011

User’s Online


My Music

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 223 other followers

December 2011
M T W T F S S
« Nov   Jan »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031  
