Mesran

Hanya ingin berbagi kebaikan dan mendapatkan kebaikan yang lain.

Statement Write & Writeln

Ok !
This additional about STATEMENT at PASCAL, WRITE & WRITELN Statement :

WRITE dan WRITELN sebenarnya memiliki arti yang sama yaitu MENULIS tetapi karna ada tambahan LN maka menjadi MENULIS per BARIS. maksudnya gini :

BEGIN
WRITE(‘STMIK’) ;
WRITELN(‘BUDIDARMA’) ;
END.

bandingkan dengan

BEGIN
WRITELN(‘STMIK’) ;
WRITE(‘BUDIDARMA’) ;
END.

program pertama akan menghasilkan
STMIKBUDIDARMA
_

program kedua akan menghasilkan
STMIK
BUDIDARMA_

NOTES :
Nah program diatas sebenarnya bisa saja di jalankan tanpa di ikutkan USES CRT;
Mengapa hal tersebut bisa terjadi, karna perintah WRITE tersebut tidak membutuhkan CRT di dalam penggunaannya(kalau di pikirkan sebenarnya nggak masuk akal juga kan, karna toh kita menulis outputnya membutuhkan LAYAR lho kenapa tak membutuhkan USES CRT hehehehe, cari sendiri aja deh).

Oke lanjutkan lagi, yang perlu di perhatikan yaitu tanda _ apakah nampak di layar monitor anda ?
itu diartikan simbol kursor di layar tersebut. NAH itu perbedaannya.

BEGIN
WRITE(‘STMIK’) ;
WRITELN(‘BUDIDARMA’) ;
END. akan menghasilkan

STMIKBUDIDARMA
_

write –> di artikan juga menuliskan per KOLOM yaitu setelah kita menuliskan maka kursor akan berhenti di kata yang tertulis seperti

WRITE(‘STMIK’) ; maka hasilnya STMIK_ (kursor berhenti di setelah K) maka di lanjutkan lagi WRITELN(‘BUDIDARMA’) ; maka akan menghasilkan STMIKBUDIDARMA itu karna posisi kursor masih setelah K dan dilanjutkan penulisan BUDIDARMA tetapi _ (kursor) terletak di bawah (baris selanjutnya)
Jadi dapat di simpulkan WRITELN itu untuk menuliskan per BARIS dalam artian setelah menggunakan perintah itu maka satu baris setelah penulisan itu sudah tidak bisa lagi untuk di tuliskan dan KURSOR ( _ ) akan pindah ke baris selanjutnya.

Sebuah statement harus di akhiri dengan simbol ; lihat contoh diatas. bisa saja program diatas di buat seperti ini :

BEGIN WRITE(‘STMIK’) ; WRITELN(‘BUDIDARMA’) ; END. (ini contoh penulisan yang tidak baik dan jangan di tiru)

nah kenapa pada BEGIN tidak terdapat ; karna pada AWALAN biasanya selalu tidak terdapat ; kenapa saya bilang AWALAN yahh, di pascal itu kadang selalu sepasang misal ada pembuka pasti ada penutup, sebagai contoh
BEGIN END
‘ … ‘ simbol petik pembuka ya di tutup juga dengan petik penutup

kita menggunakan simbol ‘ pembuka dan ‘ penutup karna data yang akan di tampilkan itu berjenis CHARACTER atau STRING,
coba anda tes program berikut :

BEGIN
WRITE(‘5’) ;
WRITELN(‘4’) ;
END.
====dengan =====
BEGIN
WRITE(5) ;
WRITELN(4) ;
END.

akan menghasilkan output yang sama tetapi datanya bertipe yang berbeda. jadi jika menggunakan perintah WRITE kebanyakan menggunakan petik itu karna data berjenis CHARACTER / STRING yang akan di munculkan : nah perhatikan kembali jenis jenis penggunaan perintah ini :

WRITE(‘STMIK ‘ , ‘BUDIDARMA’ ) ;
–> sama saja dengan
WRITE(‘STMIK BUDIDARMA’ )

WRITE( ‘Gaji Pegawai : Rp. ‘ , Gaji ) ;

terdapat dua perintah tersebut yang selalu menggunakan simbol ,
Simbol ini memiliki pengertian untuk memisahkan argumen/parameter. Apakah argumen dan parameter tersebut, yahhh yang di dalam simbol ( ) dong.

misal : WRITE ( ‘STMIK’ ) ; berarti STMIK itu parameter/argumentnya
misal : WRITE( ‘Gaji Pegawai : Rp. ‘ , Gaji ) ; maka Gaji Pegawai : Rp. itu argumen pertama dan setelah , yaitu Gaji merupakan argumen kedua.

Perbedaannya yaitu Gaji Pegawai : Rp. berjenis Character sedangkan Gaji merupakan variabel yang nantinya bernilai NUMERIK, oke contoh program lengkapnya :

VAR { Tempat pemesanan variabel }
Nama : String[10] ; { Pemesanan Nama dengan jumlah max 10 Char}
Gaji : Longint ; { Untuk pemesanan Var Gaji }

BEGIN { Permulaan Program Utama }
Nama := ‘Wak Acong’ ; { Pengisian Nilai Nama dengan Wak Acong }
Gaji := 1000000 ; { Pengisian Nilai Gaji dengan 1000000 }
WRITE( ‘Nama Pegawai : ‘ , Nama ) ; {Menampilkan Nama : Wak Acong }
WRITE( ‘Gaji : Rp. ‘ , Gaji ) ; { Menampilkan Gaji : Rp. 1000000 }
END. { Akhir Program Utama }

yang paling PENTING !
1. Pengisian nilai ke dalam variabel menggunakan simbol := ( dalam pengertian normal yaitu simbol = )
2. selalu di akhiri dengan simbol ; untuk menyatakan akhir pernyataan
3. jika nilai data berjenis CHARACTER menggunakan ‘ dan di akhiri dengan ‘
4. jika nilai data NUMERIC tanpa ‘
5. DAN VARIABEL WAJIB di PESAN dahulu di BAGIAN VAR (yahhh, sama dengan kita mau makan BAKSO kan di pesan dahulu Bang BAKSO 1 ya. artinya kita wajib memesan BAKSO untuk mau memakan BAKSO) sama dengan di program VARIABEL yang mau di pakai harus di DEFINISIKAN terlebih dahulu baru di GUNAKAN (ato sama aja dengan mau KAWIN yahhh definisikan dahulu dong NIKAH nya).

Oke latihan ! program berikut ini akan menghasilkan output seperti apa ?

BEGIN
WRITE (1) ; WRITELN(‘4) ;
WRITELN( ‘ ‘ , 5 )
WRITE (‘7’) ;
WRITELN
END.

Filed under: Pemrograman Pascal,

Terima kasih telah memberikan komentar anda.

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Archives Per Tahun

%d bloggers like this: